Album “Kwon Ji Yong” Ditolak Oleh Gaon Charts Karena Format USB

Berita Musik Terbaru, Berita Musik Kpop, G Dragon, Kwon Ji Yong, G Dragon Kwon Ji Yong Album, Kwon Ji Yong Album, G Dragon Respon to Gaon, Berita Album G Dragon

G-Dragon : Apa Masalahnya ?

Berita Musik Kpop – Korea Music Content Industry Association baru – baru saja mengeluarkan statement bahwa album terbaru G-Dragon yang bertajuk “Kwon Ji Yong” yang dirilis menggunakan USB, tidak bisa dikatakan sebagai sebuah album. Statement ini pun membuat sang artis memberikan respon lewat Instagramnya.

Dirinya mengatakan, “Apa Masalahnya?”

“Apakah seperti itu, jika seseorang yang bahkan kamu tidak kenal bisa menentukan bahwa karya dari artis tersebut adalah sebuah album atau bukan album? Ada beberapa lagu yang sudah saya rilis secara mendunia setelah beberapa pertimbangan dan juga pemikiran yang matang.”

“Setiap saat saya mengeluarkan album yang masih baru dan terbungkus oleh plastik, rasanya seperti mimpi. Entah itu bentu LP, Tape, CD, USB, atau yang lainnya. Seharusnya itu bukan inti utamanya.”

“Yang paling penting bukan masalah sampul depan atau bentuk fisiknya, melainkan musiknya, yang bisa didengarkan oleh semua orang, dimana saja, dan kapan saja, dengan suara saya yang direkam: lagu saya.”

“Melalui telinga mu, matamu, tanganmu, bibirmu. Semuanya akan diingat selamanya di hati kita, tidak jadi masalah itu mau dalam bentuk apa.”

“Lagu, menurut mereka memang singkat, tapi kami menulisnya sebagai bentuk dalam kehidupan kita.”

“Melodi yang indah dan liriknya adalah segalanya. Untuk yang lainnya, saya rasa itu tidak terlalu penting.”

"What's The Problem?" 누군지도 모르는 어떠한 사람의 결정에 따라 한 아티스트의 작업물이 그저 '음반이다/아니다' 로 달랑 나뉘어지면 끝인가? 오랜 시간 고민끝에 겨우 단 몇 곡을 세상에 선보인다. 비닐에 쌓인 새 앨범이 손에 잡히면 그 기분은 매번 꿈같다. (LP, 테이프, CD, usb파일…등등) 포인트가 다르다. 정작 제일 중요한건 겉을 포장하고 있는 디자인적 요소와 재미까지 더한 형태가 아니라 아무것도 아닌 곳에 그 누가 어디서 틀어도 그 안에 담겨져 있는 음악, 그 가수의 목소리가 녹음된 그 음악이 제일 중요하다고 생각한다. 당신의 귀를 통해, 눈을 통해, 손을 통해, 입을 통해서 오랜시간 세월이 지나도 가슴속에 변치않고 영원히 기억될 수 있는. 그저 짧은 노래라 하지만 언젠가 인생의 한 페이지를 회상할 때같이 자연스럽게 뒤에 흘러나올 수 있는 그런. 좋은 멜로디와 좋은가사가 그게 전부다. 다른건 중요치 않다.

A post shared by 권지용 (@xxxibgdrgn) on

Inilah yang menyebabkan mengapa Korea Music Content Industry – yang menjalankan Gaon – tidak menganggap USB dari “Kwon Ji Yong” tidak dianggap sebagai album.

Sesuai dengan aturan copyright atau hak cipta, sebuah album baru bisa dikatakan apabila sudah mengeluarkan benda yang di dalamnya berisikan musik. Awalnya, karena sebuah USB – seperti LP, tape, dan CD merupakan benda yang bisa menyimpan music. Korea Music Content Industry sudah mau menerima USB G-Dragon sebagai album.

Berita Musik Terbaru – Hanya saja, dalam USB untuk “Kwon Ji Yong” ditemukan sebuah link website yangmana penikmat music bisa memasukan kode yang terlampir pada album tersebut untuk melakukan download pada album dan MV dari lagu tersebut. Karena tidak ada musik itu sendiri dalam USB nya, Korea Music Content Industry pun akhirnya mengganggap bahwa USB tersebut adalah sebuah benda untuk melakukan download lagu daripada album. Organisasi tersebut mengatakan bahwa hal seperti ini merupakan Kino Album, yangmana sebuah tipe album baru yang mengizinkan pendengar untuk melakukan download album, MV, photoshoot, dan juga yang lainnya melalui handphone atau komputer mereka. Korea Music Content Industry tidak memasukan Kino Album sebagai album resmi.

Sebagai hasilnya, G-Dragon dengan albumnya “Kwon Ji Yong” tidak akan masuk ke dalam Penjualan Gaon Charts. Sudah dipastikan rankingnya dalam Inkigayo dan juga Show! Music Core tidak akan turun drastis karena kedua cara ini menggunakan Gaon Album Charts.

Namun beberapa orang memang masih menentang dan menyetujui bahwa membeli USB masih merupakan tindakan dalam membeli sebuah album, sehingga USB dianggap masih masuk ke dalam kategori album, terlepas dari bentuk eksternalnya atau cara untuk menyimpan musiknya.

Sekedar informasi, statement yang dikeluarkan oleh G-Dragon di Instagramnya sudah diedit dari postingan aslinya.

Agen Sbobet